Kata-kata Dalam Bahasa Padang Yang di adopsi dari merek sebuah produk

Dalam bahasa padang ada kata-kata yang kedengarannya aneh, karena kata-kata tersebut merupakan merek dari sebuah produk yang pertama kali masuk ke daerah padang.

Mungkin anda heran karena yang di bilang beda dengan barangnya.
Inilah kata-kata yang merupakan produk.
Oto adalah jenis kendaraan roda empat yang dijalankan dengan mesin. Kenapa orang padang menamainya dengan Oto.

Inilah alasannya, dahulu kedaraan roda empat yang pertama kali masuk ke daerah padang mereknya adalah Oto. Karena itu hingga sekarang orang Padang menamai setiap kedaraan roda empat dengan OTO. Avanza juga disebut nya dengan OTO, Fortuner juga di bilangnya OTO. Sebenarnya Oto kata orang padang adalah Mobil bahasa Indonesianya.

Sama juga halnya dengan Onda. Onda adalah kendaraan roda dua yang di jalankan dengan mesin. Jadi Onda asal katanya adalah Honda. Sebuah merek produk sepeda motor yang pertama kali digunakan oleh orang Padang. Sampai sekarang sebutan untuk sepeda motor bagi orang Padang tetap Onda. Walaupun mereknya Yamaha maka orang padang akan bertanya apa merek Ondanya? 
Jadi Onda kata orang padang sama dengan Sepeda Motor bahasa Indonesianya.

Plat mobil atau motor. Bagi orang Padang menyebutnya BA kenapa. Alasannya adalah plat yang untuk daerah Padang (Sumbar) Awalnya Bertulisan BA 1234 WA jadi orang padang menyebut plat motor atau mobil dengan BA.
Aqua adalah sebuah merek dari air mineral yang sudah dikemas dalam botol. Jadi setiap air mineral yang sudah di kemas dalam botol di sebutnya Aqua walaupun mereknya kadang lain.

Demikian Kata-kata Dalam Bahasa Padang yang merupakan merek dari sebuah Produk. Jika anda punya pendapat lain silahkan tulis pada kolom komentar.

Post Populer

Copyright © Kamus Padang. All rights reserved.